Jum. Nov 22nd, 2019

Simulasi Penghitungan KTA Citibank Wajib Dilakukan Sebelum Mengajukan KTA

2 min read
Simulasi Penghitungan KTA Citibank Wajib Dilakukan Sebelum Mengajukan KTA

KTA atau Kredit Tanpa Agunan kini semakin mudah didapatkan. Namun untuk mendapatkannya, jangan sampai kita seakan-akan terjerat pukat harimau, sebab terjebak dalam cicilan yang kian menumpuk. Maka dari itu, ada baiknya kita perlu melakukan simulasi perhitungan KTA Citibank supaya bisa memutuskan KTA yang terbaik untuk keperluan kita.

Kalau kita memilih KTA di Citibank, maka kita harus melakukan simulasi perhitungan KTA dengan persyaratan dan kriteria yang ditentukan oleh Citibank. Simulasi ini penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ketidakmampuan membayar cicilan akibat salah perhitungan saat memutuskan pilihan KTA.

Maka dari itu, mempelajari simulasi KTA Citibank adalah hal wajib yang harus dilakukan. Dengan mempelajarinya, kita dapat menghitung berapa banyak jumlah uang yang perlu dibayar setiap bulannya untuk melunasi KTA. 

Nah, di sini saya akan memberikan penjelasan mengenai simulasi perhitungan KTA Citibank yang bisa kita lakukan. Semoga bisa dipahami ya. Saya akan memberikan ilustrasi untuk menghitung batas kredit yang diperoleh berdasarkan penghasilan bersih. Contoh ilustrasinya begini.

Seorang karyawan muda memiliki penghasilan bersih sebesar 5,5 juta rupiah. Lalu, ditetapkan baki kredit atau maksimum angsuran per bulannya adalah 30% dari penghasilan bersih. Ingat, maksimal total angsuran/cicilan yang bisa kita lakukan hanyalah 40%. Sengaja dibatasi untuk keseimbangan dan keharmonisan rumah tangga.

 

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kartu Kredit Citibank Disetujui

 

Lalu, ia memiliki angsuran dari pinjaman lain, yang totalnya mencapai 1.250.000,00. Angsuran ini termasuk total cicilan KPR + cicilan kendaraan, dll. Pihak bank harus memperhitungkan hal ini supaya tidak membebani kita. Kalau ternyata cicilan kita masih tinggi ya harus dilunasi terlebih dahulu. 

Lalu, cek bunga KTA Citibank yang ia menetapkan bunganya minimal 1,68% per bulan. Bunga tersebut dengan kondisi perhitungan bunga yang flat. Tidak berubah seiring berjalannya waktu. Tapi ya sebenarnya bunga bank enggak cuma ini aja sih, hehe.

Kemudian, setelah dihitung-hitung, kurang lebih maksimal angsuran KTA per bulan yang harus dilakukan adalah 400.000,00. Dengan keadaan, kalau kita pinjam selama 6 bulan, maka limit kredit yang kita dapat hanyalah sekitar 2.180.232.

Sementara, Citibank akan memberikan pinjaman sebesar 20 juta apabila kita mampu mencicil 2 juta rupiah per bulan selama 12 bulan. Berdasarkan perhitungan tersebut, tampak sekali bahwa karyawan muda ini belum mampu mengajukan kredit di Citibank.

Maka, hal yang harus dilakukan adalah refleksi diri. Cek kondisi finansial. Perbaiki keuangannya. Lunasi cicilan atau hutang yang belum diselesaikan. Lalu coba ajukan lagi ke Citibank, semoga dapat KTA dan semoga tidak membebani.

Setelah KTA kita disetujui, maka kita bisa memilih kartu kredit Citibank untuk mempermudah proses KTA-nya. Bila ingin mencari info lengkap tentang kartu kredit Citibank, silakan klik tautan terpercaya berikut ini: https://www.cekaja.com/banks/citibank/kartu-kredit  Selamat melakukan simulasi perhitungan KTA ini ya, sambil berdoa semoga KTA-nya dapat menunjang kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.