Sen. Sep 23rd, 2019

Bisnis Rumah Kontrakan, Usaha Paling Menguntungkan Masa Kini

3 min read
Bisnis Rumah Kontrakan

Ketika berfikir untuk memulai bisnis, jenis usaha apa yang pertama kali akan keluar di benak anda? Biasanya, usaha kuliner atau fashion akan menjadi pilihan pertama. Memang kedua jenis usaha tersebut bukan hanya paling mudah dilakukan, namun juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kendala utama yang sering kali dialami oleh para pengusaha pemula ialah modal yang belum mencukupi. Padahal, tidak dapat dipungkiriĀ  bahwa modal memang merupakan kunci utama dari keberhasilan suatu bisnis.

Maka dari itu, banyak pengusaha pemula yang bekerja keras demi mengumpulkan modal demi membangun bisnis impiannya, mulai dari meminjam ke sanak saudara atau kerabat dekat, bekerja paruh waktu, menabung, menjual atau menggadaikan barang berharga, hingga melakukan peminjaman melalui fintech Peer-to-Peer Lending (P2P Lending). Walau mencari modal tidaklah mudah, tetapi tentunya juga harus sebanding dengan jenis usaha yang akan anda lakukan. Pastikan bahwa jenis usaha yang akan anda lakukan memang berpeluang dalam menghasilkan keuntungan besar.

Memulai usaha dengan modal besar tidaklah salah. Namun pastikan bahwa jenis usaha tersebut mampu mengembalikan kerja keras anda sekaligus modal yang telah anda keluarkan. Nah, salah satu jenis usaha yang memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan fantastis ialah bisnis rumah kontrakan. Walaupun memang tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis rumah kontrakan membutuhkan modal yang besar, namun keuntungan yang dihasilkan pun tidak tanggung.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis rumah kontrakan, ketahui dulu beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

1. Carilah Lokasi Yang Strategis

Lokasi merupakan kunci utama keberhasilan bisnis rumah kontrakan. Hal tersebut dikarenakan, salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang lebih memilih untuk tinggal di rumah kontrakan ialah karena tempat tinggal mereka yang jauh atau sulitnya akses transportasi, sehingga tinggal di rumah kontrakan agar bisa lebih dekat ke lokasi dimana mereka melakukan rutinitas sehari-hari, seperti kampus, kantor atau sekolah.

Maka dari itu, agar bisnis rumah kontrakan mu memiliki peminat, bangun lah di lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau, seperti di wilayah perkantoran, dekat dengan pusat perbelanjaan ataupun pusat pendidikan seperti kampus dan sekolah. Akan lebih baik lagi bila lokasi bisnis rumah kontrakan anda juga dekat dengan transportasi umum seperti halte busway, stasiun KRL atau MRT.

2. Persiapkan Modal

Biaya bangun sebuah bisnis rumah kontrakan tidaklah murah. Maka dari itu, persiapkanlah modal sebaik-baiknya, mulai dari modal untuk membeli tanah, modal pembangunan serta jasa tukang, hingga biaya untuk perlengkapan di dalamnya. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan modal, salah satunya yaitu seperti mengajukan pinjaman dengan agunan rumah yang saat ini ditempati, dan hasilnya bisa digunakan untuk membangun rumah kontrakan.

3. Tentukan Harga Sewa yang Sesuai

Harga sewa harus disesuaikan dengan biaya pembangunan yang telah anda keluarkan sekaligus lokasi tempat bisnis rumah kontrakan anda berada. Pertimbangkan pula dengan fasilitas yang andak berikan, apakah sesuai dengan harga sewa atau tidak. Sebagai contoh, bila anda membangun bisnis rumah kontrakan di wilayah kampus, maka sebagian besar penghuni yang akan menyewa ialah mahasiswa dari kampus-kampus tersebut. Nah, berapa ya kira-kira uang saku dari seorang mahasiswa? Sesuaikanlah harga sewa dengan uang yang dimiliki oleh sebagian besar mahasiwa. Begitu pula jika anda membangun bisnis rumah kontrakan di wilayah perkantoran. Sesuaikan pula dengan penghasilan sebagian besar karyawan kantoran. Jangan sampai bisnis rumah kontrakan anda justru sepi peminat karena harga yang tidak sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang diberikan.

Setiap bisnis pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali bisnis rumah kontrakan. Selain membutuhkan modal yang cukup besar, bisnis rumah kontrakan juga memiliki beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Apa sajakah itu? https://www.cekaja.com/info/bisnis-rumah-kontrakan-untung-rugi/

More Stories

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.